Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbun Kalteng Tinjau Komoditas Kopra di Kotim

  • Oleh Marini
  • 29 April 2024 - 19:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Kalteng meninjau pertanian kelapa yang dijadikan komoditas kopra di Kelurahan Samuda, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Tujuan peninjauan untuk mengetahui salah satu komoditas wilayah pesisir Kalteng terutama pada tanaman Kelapa. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Kepala Disbun Provinsi Kalteng Rizky Ramadhana Badjuri.

"Di mana hasil dari perkebunan ini dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk membuat minyak kelapa," katanya, Senin, 29 April 2024.

Komoditi seperti itu apabila dikembangkan, dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat, bahkan mampu menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Kopra adalah daging buah kelapa yang dikeringkan. Kopra merupakan salah satu produk turunan kelapa yang sangat penting, karena merupakan bahan baku pembuatan minyak kelapa dan turunannya," jelasnya.

Untuk membuat kopra yang baik diperlukan kelapa yang telah berumur sekitar kurang lebih 300 hari dan memiliki berat sekitar 3–4 kg. (MARINI/j)

Berita Terbaru