Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perdana Masuk Sekolah Pasca Libur Lebaran SDN 3 Sawahan Kebanjiran, BPBD: Sekolah Libur

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 16 April 2024 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Hari ini merupakan hari pertama masuk sekolah siswa SDN 3 Sawahan, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) pasca libur lebaran 2024. Namun kegiatan sekolah terpaksa ditiadakan karena sekolah terendam banjir.

"Aktifitas sekolah diliburkan, anak-anak belajar di rumah saja, karena banjir merendam jalan masuk dan halaman sekolah," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim Multazam, Selasa, 16 April 2024.

Saat borneonews.co.id memantau lokasi banjir, kedalaman air di jalan menuju sekolah mencapai lutut orang dewasa. Banjir bahkan naik hingga ke halaman sekolah yang sudah diuruk dan ditinggikan. Kedalaman air di halaman sekolah tersebut di atas mata kaki orang dewasa.

Menurut keterangan warga setempat, M Rizal Maulana, air telah naik sejak 2 hari terakhir dan mulai naik ke halaman sekolah Senin malam. Lokasi tersebut merupakan langganan banjir karena topografi yang rendah dan tepat berada di sebelah sungai.

"Tidak perlu hujan deras, kalau hujan intensitas sedang namun durasinya lama tetap saja banjir. Jika sudah banjir begini lama surutnya. Biasaya 5-7 hari baru surut total," kata Rizal.

Biasanya banjir tidak sampai menggenang halaman sekolah. Sehingga banjir kali ini dinilai masyarakat setempat cukup parah. Bahkan banjir nyaris masuk ruang kelas dan kurang sejengkal lagi masuk ke rumah warga.

Lanjutnya, sejumlah guru SDN 3 Sawahan sempat datang namun hanya sampai di depan jalan masuk. Para guru tersebut meminta siswa untuk libur sementara. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru