Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Gumas Prioritaskan Perbaikan Dua Jembatan Antarkecamatan ini

  • Oleh ANTARA
  • 18 April 2024 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah (Kalteng) memprioritaskan berbaikan dua jembatan penghubung antarkecamatan yang menjadi sendi aktivitas masyarakat setempat.

"Keduanya adalah Jembatan Sei Rawi II dan Jembatan Sei Miwan," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Gumas, Baryen, di Kuala Kurun, Kamis, 18 April 2024.

Dia menerangkan, dalam upaya perbaikan Jembatan Sei Rawi II Pemerintah Kabupaten Gumas menyiapkan anggaran sekitar Rp3,1 miliar yang berasal dari APBD 2024.

Kemudian, di ruas jalan Kuala Kurun-Sepang Simin juga terdapat Jembatan Sei Miwan yang terletak di Desa Tumbang Miwan Kecamatan Kurun. Pemkab juga telah menyiapkan anggaran sekitar Rp4 miliar dari APBD 2024 untuk perbaikan jembatan tersebut.

Dalam rangka menjamin aktivitas masyarakat tetap berlangsung saat perbaikan kedua jembatan itu, Pemkab Gumas juga menyiapkan pengalihan lalu lintas melalui jembatan alternatif yang tak jauh dari lokasi.

“Nantinya selama perbaikan arus lalu lintas akan dialihkan. Masyarakat dalam hal ini pengendara kendaraan bermotor akan diarahkan menggunakan Jembatan Sei Rawi I,” kata Baryen.

Jembatan Sei Rawi II berada di jalan kabupaten tepatnya di ruas jalan Kelurahan Kuala Kurun Kecamatan Kurun dan Kelurahan Sepang Simin Kecamatan Sepang. Jembatan ini membentang di Sungai Rawi.

Berjarak beberapa meter dari Jembatan Sei Rawi II, ada juga jembatan Sei Rawi I. Jembatan Sei Rawi I juga membentang di Sungai Rawi yang bisa menjadi jembatan alternatif.

Oleh sebab itu, jika pada saatnya perbaikan Jembatan Sei Rawi II dimulai, maka arus lalu lintas kendaraan bermotor sementara dialihkan melalui Jembatan Sei Rawi I.

“Saat perbaikan Jembatan Sei Miwan dimulai, nanti akan dibangun jembatan penghubung sementara yang terletak di samping jembatan yang ada saat ini, supaya tidak mengganggu arus lalu lintas,” papar Baryen.

Dia pun meminta kepada masyarakat untuk mendukung pengerjaan perbaikan Jembatan Sei Rawi II dan Jembatan Sei Miwan, serta memaklumi adanya peralihan lalu lintas selama perbaikan jembatan.

Sebelumnya, Bupati Gumas Jaya S Monong mengatakan rehabilitasi jembatan bertujuan untuk mendukung konektivitas antarkecamatan dan antardesa.

Berita Terbaru