Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kecamatan Rakumpit Dicanangkan Sebagai Lokasi Kedaulatan Pangan

  • Oleh Hendri
  • 25 April 2024 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) mencanangkan Kecamatan Rakumpit, khususnya Kelurahan Pager dan Petuk Bukit, sebagai lokasi pertanian untuk mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan.

Kepala Bappedalitbang Kota Palangka Raya, Fauzi Rahman, menyebutkan bahwa upaya mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan terus dilakukan oleh pemerintah daerah.

"Kami mencanangkan Kecamatan Rakumpit, khususnya Kelurahan Pager dan Petuk Bukit, sebagai lokasi pertanian untuk mendukung ketahanan dan kedaulatan pangan," katanya, Kamis, 25 April 2024.

Fauzi menjelaskan, pemilihan Kecamatan Rakumpit sebagai lokasi pertanian kedaulatan pangan didasarkan pada potensi lahan pertanian yang ada di wilayah tersebut.

Pihaknya bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan telah melakukan survei dan pemetaan lahan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) di dua kelurahan tersebut.


"Hasil survei menunjukkan bahwa Kelurahan Pager dan Petuk Bukit memiliki lahan pertanian yang cukup luas dan potensial untuk dikembangkan sebagai sentra produksi pangan," ungkapnya.

Selain itu, Pemerintah Kota Palangka Raya juga akan memberikan dukungan dan pendampingan kepada para petani di Kecamatan Rakumpit agar dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertaniannya.

"Kami akan menyediakan sarana dan prasarana pertanian, serta memberikan pelatihan dan pendampingan kepada petani. Tujuannya adalah agar mereka dapat mengelola lahan pertanian secara lebih produktif dan berkelanjutan," pungkasnya. (HENDRI/Y)

Berita Terbaru