Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

System Health Account Permudah Pemantauan Alokasi Anggaran Kesehatan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 26 April 2024 - 00:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - System Health Account (SHA) dinilai memiliki peran penting dalam pemantauan anggaran kesehatan.

Apalagi dengan undang-undang No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan menyatakan bahwa besar anggaran kesehatan pemerintah daerah provinsi, kabupaten dan kota dialokasikan minimal sebesar 10 persen dari APBD diluar gaji.

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng Rainer Danny P. Mamahit menyampaikan melalui SHA suatu daerah akan dapat mengetahui potensi pembiayaannya dan ke mana akan dialokasikan, serta untuk apa dana tersebut digunakan.

“Health Account (HA) adalah proses pencatatan dan klasifikasi data belanja kesehatan (health expenditure),” tutur Rainer saat pertemuan pendampingan di Hotel Aquarius Palangka Raya, Rabu.

Proses tersebut merupakan sebuah proses untuk menggambarkan aliran biaya atau belanja yang dicatat dalam penyelenggaraan sebuah sistem kesehatan.

Langkah ini dapat dikatakan sebagai suatu cara untuk mendapatkan gambaran pembiayaan kesehatan secara menyeluruh (komprehensif).

“Di banyak negara, HA hanya dilakukan dalam skala nasional yaitu National Health Account (NHA) dan tidak dikenal istilah District Health Account (DHA) maupun Provincial Health Account (PHA),” tuturnya. (HERMAWAN DP/R)


TAGS:

Berita Terbaru