Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Prevalensi Stunting di Kapuas Terus Ditekan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 April 2024 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Prevalensi stunting di wilayah Kabupaten Kapuas terus ditekan agar angkanya dapat semakin turun.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, dr Tonun Irawaty Panjaitan mengatakan bahwa berdasarkan data prevalensi status gizi balita menurut kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Tengah, Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023, untuk Kabupaten Kapuas angkanya mengalami penurunan.

"Sebelumnya berada di angka 20,1 persen kini turun menjadi 16,2 persen," kata Tonun, Jumat, 26 April 2024.

Menurut dia, keberhasilan menekan angka stunting tersebut dipengaruhi sejumlah faktor diantaranya adanya komitmen bersama dari semua stakeholder terkait, mulai dari pemangku kebijakan sampai dengan pelaksana.

"Juga berkat adanya persamaan persepsi dari Tim Percepatan Penurunan Stunting di bawah arahan Pak Pj Bupati," ujarnya.

Selanjutnya, juga tak terlepas dari peran dan kerja keras tenaga kesehatan dalam intervensi spesifik serta kolaborasi OPD terkait dalam intervensi sensitif.

"Ditambah lagi adanya kepatuhan masyarakat dalam menjalankan instruksi-instruksi kesehatan kita," ucapnya.

Meskipun dapat diturunkan, sambungnya tentu tidak boleh berpuas dengan penurunan sekarang dari 20,1 persen turun menjadi 16,2 persen.

"Walau berhasil melampaui target 2023 yaitu 17,6 persen, sinergitas tetap perlu ditingkatkan lagi untuk mengejar target nasional 14 persen tahun 2024," tuturnya.
Terakhir, dirinya juga berpesan kepada masyarakat bahwa stunting bukan aib, jangan malu jika anaknya divonis stunting karena pemerintah akan hadir untuk mengatasinya.

"Kami imbau warga agar rajin ke posyandu untuk menimbang anaknya sampai umur 5 tahun dan selalu terapkan pola hidup sehat dan bersih," tandasnya. (DODI/H)

Berita Terbaru