Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Festival Budaya Habaring Hurung di Kotim Lestarikan Olahraga dan Seni Tradisional

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 19 April 2024 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Festival budaya habaring hurung yang akan digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) merupakan salah satu upaya melestarikan olahraga dan seni tradisional.

"Festival budaya habaring hurung merupakan agenda tahunan, nanti akan dibuka Sabtu, 20 April 2024 di Taman Kota Sampit," kata Kepala Disbudpar Kotim Bima Eka Wardhana, Jumat, 19 April 2024.

Festival budaya habaring hurung akan dimeriahkan perlombaan sepak sawut, mangaruhi, lomba tari daerah, melamang, mangenta, lawang sekepeng, manetek kayu, balogo, manyipet, karungut, besei kambe, lomba masakan tradisional dan pemilihan putra putri pariwisata. 

Berbagai perlombaan tersebut akan dijadwalkan di Taman Kota Sampit, Museum Kayu, Citimall, dan Pelabuhan Mentaya Seberang. 

"Kegiatan ini agar budaya daerah kita di bumi habaring hurung yang beragam tetap lestari, karena pemerintah daerah menyadari bahwa warisan budaya yang memiliki nilai adiluhur harus dijaga, dilestarikan keberadaannya untuk generasi mendatang," tandasnya. 

Pemenang lomba Festival ini akan mewakili Kotim pada ajang Festival Budaya Isen Mulang. Dirinya mengajak masyarakat berbondong-bondong meramaikan festival Budaya Habaring Hurung. (DEWI PATMALASARI/y)

Berita Terbaru