Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakapolda Kalteng: Penerimaan Anggota Polri Gelombang II Tahun 2024 Berjalan Transparan

  • Oleh Pathur Rahman
  • 19 April 2024 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Brigjen Pol Mohammad Agung Budijono, menegaskan bahwa penerimaan anggota Polri gelombang II tahun anggaran 2024 berjalan secara transparan. Hal ini diungkapkannya saat melakukan pakta integritas bersama calon peserta dan orang tua di Palangka Raya.

Pada tahun 2024, Polri membuka penerimaan anggota Polri dengan tiga kategori, yaitu Akademi Polisi dengan kuota 275 di seluruh Indonesia, Bintara Polri sebanyak 12.800, dan Tamtama sebanyak 1.600.

"Dalam pelaksanaannya, pihak Polri menerapkan prinsip BETAH, yaitu Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis," katanya, Jumat, 19 April 2024.

Prinsip Bersih berarti tidak ada celah bagi panitia, pejabat, maupun kerabat anggota Polri untuk melakukan kecurangan dalam seleksi Sementara itu, prinsip Transparan mengharuskan semua nilai peserta ditayangkan secara live di YouTube.

Penilaian dilakukan melalui sistem, mulai dari tes psikologi, tes akademik yang menggunakan CAT (Computer Assisted Test), hingga tes jasmani yang diukur menggunakan sensor. Setiap peserta juga akan disorot kamera untuk mencegah terjadinya kecurangan.

Selanjutnya, prinsip Akuntabel menjamin bahwa semua proses dan tahapan seleksi dapat dipertanggungjawabkan.

"Polri berkomitmen untuk menjalankan seleksi secara adil dan transparan, sehingga calon peserta dan orang tua dapat memiliki kepercayaan penuh terhadap integritas penerimaan anggota Polri," pungkasnya. (PATHUR/y)

Berita Terbaru