Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kakao Tidak Menimbulkan Efek Sosial

  • Oleh Marini
  • 20 April 2024 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Kalteng Rizky Ramadhana Badjuri mengatakan bahwa komoditas kakao tidak menimbulkan efek sosial apabila ditanam di kawasan hutan/perhutanan sosial.

Hal itu karena pohon kakao tidak akan banyak menimbulkan permasalahan seperti komoditas sawit, baik di tempat tumbuhnya maupun di lingkungan sekitar.

"Kinerja komoditas kakao saat ini menunjukkan performance yang cukup prospektif dipandang dari aspek agribisnis karena pertumbuhan konsumsi dunia cenderung meningkat signifikan," ungkapnya, Sabtu, 20 April 2024.

Benih kakao merupakan salah satu faktor penting dalam mendongkrak peningkatan produksi. Oleh karena itu, pihaknya dibantu Ditjen Perkebunan, bahkan swasta saat ini sedang membuat grand design, untuk memenuhi kebutuhan benih komoditi unggulan perkebunan salah satunya adalah kakao.

Selain itu, katanya, petani dan lembaga penelitian bersama-sama pemerintah baik pusat maupun daerah dapat bersinergi serta bekerja sama secara intensif dalam mewujudkan kebun kakao berproduksi tinggi dan berkelanjutan. 

"Ini dapat mendiskusikan seluruh aspek terkait pengembangan agribisnis kakao secara utuh dan terintegrasi khususnya di sektor hulu maupun hilir. Sehingga, dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kinerja komoditi kakao daerah, nasional, hingga mancanegara secara signifikan," tandasnya. (MARINI/j)


TAGS:

Berita Terbaru