Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng terus Bantu Masyarakat Terdampak Musibah

  • Oleh Marini
  • 20 April 2024 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terus memberikan bantuan logistik dan dapur umum serta turut membantu proses evakuasi warga terdampak bencana, baik itu alam maupun musibah kebakaran dan lainnya di provinsi setempat.

Melalui instruksi dan monitoring Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran bantuan ini untuk meringankan beban para korban. Jumlahnya sesuai dengan peraturan yang berlaku dan bersifat stimulan.

Hal ini juga diutarakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng H Nuryakin bahwa pada penerima bantuan diserahkan melalui posko sesuai intruksi gubernur. Misalkan banjir, kebakaran bahkan gempa bumi dan longsor. 

"Tujuan dari pemberian bantuan sosial bagi korban bencana adalah agar kelangsungan hidup korban dapat dipenuhi sesuai dengan kebutuhan dasar minimal melalui pemulihan kondisi sosial psikologis, meningkatkan kemampuan ekonomi, dan membuka informasi dan/atau akses terhadap sumber dan potensi kesejahteraan sosial," katanya, Sabtu, 20 April 2024.

Bantuan dapat berupa sembako bahkan uang tunai. Jelasnya, ini sebagai salah satu upaya perlindungan sosial untuk mencegah dan menangani risiko dari guncangan dan kerentanan sosial seseorang, keluarga, kelompok, dan/atau masyarakat akibat bencana diperlukan adanya bantuan sosial bagi korban bencana. 

"Karena itu telah diatur sebagaimana peraturan tentang bantuan sosial bagi korban bencana. Dan pak gubernur tidak tinggal diam apabila masyarakat terdampak musibah," tandasnya. (MARINI/j)

Berita Terbaru