Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mesin Vertikal Dryer Kapasitas 10 Ton, Keringkan Gabah Lebih Cepat

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 23 April 2024 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Sepnita mengatakan, mesin vertikal dryer yang baru diresmikan di Desa Lampuyang, Kecamatan Teluk Sampit berkapasitas 10 ton mampu mengeringkan gabah lebih cepat.

"Alat pengering atau dryer yang kita ujikan hari ini adalah berkapasitas 10 ton yang mana 6 ton pun bisa untuk dioperasikan dengan kemampuan untuk melakukan pengeringan berkisar 0,8 sampai 1,4 persen artinya tergantung kadar air gabah," kata Sepnita, Selasa, 23 April 2024.

Berdasarkan hasil perhitungan untuk jenis padi yang ada di Kotim seperti siam epang dengan kadar air 14 persen dibutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk pengeringan menggunakan mesin vertikal dryer. Sedangkan untuk jenis padi lainnya sekitar 10-11 jam.

Dengan adanya alat pengering tersebut, pihaknya berharap dapat membantu petani di desa Lempuyang dan sekitarnya. Sehingga apabila masuk musim hujan terutama bisa dibantu dengan alat pengering ini.

"Memang sebelumnya ada dryer tetapi masih manual. Kalau ini lebih canggih lagi dan yang dulu kita juga tetap mengoperasionalkan tetapi kemampuan untuk pengeringannya bisa sampai 20 jam," ujarnya. 

Di Desa Lampuyang terdapat 2 mesin vertikal dryer untuk membantu produksi wilayah lumbung padi Kotim tersebut. Pengadaan mesin pengering itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus.

Adapun mesin vertikal dryer kelompok tani karya utama 1 telah diresmikan dan uji coba oleh Bupati Kotim Halikinnor pada Senin, 22 April 2024. (DEWI PATMALASARI/Y)

Berita Terbaru