Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ribuan Masyarakat Masih Antusias Mudik Melalui Pelabuhan Sampit Kejar Lebaran Ketupat

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 16 April 2024 - 06:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ribuan masyarakat masih antusias melakukan perjalanan mudik melalui pelabuhan Sampit untuk bersilaturahmi dengan keluarga pada lebaran ketupat di Jawa yang jatuh pada H+7.

"Kunjungan kapal sampai H +15 kurang lebih tersisa 8 call. Kapal KM Kelimutu kita berangkatkan membawa penumpang cukup banyak 1.136 jiwa," kata Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli (KBPP) Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Sampit, Marjuki, Senin, 15 April 2024.

Menurutnya, sejumlah masyarakat memilih menunda mudiknya karena berbagai alasan. Namun akan terus berlangsung setelah lebaran sampai satu bulan ke depan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. 

Sementara itu, salah satu penumpang KM Kelimutu tujuan Surabaya Masrifah mengatakan, dirinya sengaja menunda mudik karena ingin merasakan meriahnya lebaran ketupat di kampung halamannya.

"Kalau lebaran ketupat biasanya lebih ramai karena 1 kampung menggelar Open house. Semua orang bisa mampir makan ketupat karena setiap rumah terbuka untuk masyarakat umum," kata Masrifah.

Dirinya akan mudik ke Desa Tapan, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung. Perlu perjalanan darat 3-4 jam dari Surabaya setelah perjalanan laut yang memakan waktu kurang lebih 26 jam.

Penumpang lain, Wahyudi, mengatakan dirinya tak kebagian tiket kapal menurut Surabaya sebelum lebaran. Sehingga terpaksa menunda mudik, karena satu-satunya transportasi mudik sebelum lebaran menuju Surabaya hanya dengan Pesawat yang harganya tidak masuk akal.

Selain itu ada pula pelajar yang sengaja melakukan perjalanan kembali ke Jawa lebih awal untuk mempersiapkan masuk sekolah. (DEWI PATMALASARI/H)

Berita Terbaru