Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Operasi Ketupat Telabang 2024 Berakhir, Begini Hasilnya Menurut Kapolda Kalteng

  • Oleh Pathur Rahman
  • 16 April 2024 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Polda Kalimantan Tengah resmi menutup Operasi Ketupat Telabang 2024 yang berlangsung dari 4 April hingga 16 April 2024. Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Poerwanto, mengumumkan bahwa operasi tersebut telah berjalan dengan lancar dan aman selama perayaan dan libur Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

Selama Operasi Ketupat Telabang 2024, terjadi penurunan angka kecelakaan lalu lintas dan kerawanan Kamtibmas di wilayah hukum Polda Kalteng. Pada tahun ini, tercatat 25 kecelakaan dengan tujuh korban jiwa, sedangkan pada periode yang sama tahun sebelumnya terjadi 39 kecelakaan dengan sembilan korban jiwa.

Kapolda Kalteng menyampaikan penurunan angka kecelakaan tersebut kepada kerja keras para personel Ops Ketupat Telabang 2024 yang memberikan sosialisasi dan pemetaan pada daerah rawan laka lantas.

"Selain itu, kepatuhan masyarakat dalam berkendara dan menaati rambu lalu lintas juga berkontribusi pada penurunan angka kecelakaan," katanya, Selasa, 16 April 2024.

Dalam hal penindakan pelanggaran lalu lintas, Polda Kalteng dan Polres jajaran memberlakukan tilang melalui ETLE sebanyak 20 kali dan teguran humanis sebanyak 4.032 kali selama Operasi Ketupat Telabang berlangsung.

Hal ini diharapkan dapat mencegah terulangnya pelanggaran, karena kecelakaan sering kali berawal dari pelanggaran. Selain itu, data Kamtibmas juga menunjukkan penurunan sebesar 25 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Kasus kejahatan konvensional mengalami penurunan dari 106 kasus pada tahun 2023 menjadi 80 kasus pada tahun 2024. Sedangkan kasus kejahatan transnasional mengalami penurunan sebesar 71 persen, dari tujuh kasus pada tahun 2023 menjadi dua kasus pada tahun 2024.

Dengan berakhirnya Operasi Ketupat Telabang, diharapkan angka kecelakaan lalu lintas dan kejahatan Kamtibmas dapat terus menurun, terutama dalam perayaan Idul Fitri mendatang. 

"Polda Kalteng berharap terciptanya kondisi Kamtibmas yang aman dan nyaman bagi masyarakat," pungkasnya. (PATHUR/j)

Berita Terbaru