Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Telusuri Kemunculan Orangutan di Sekitar Bandara H Asan Sampit

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 18 April 2024 - 18:11 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Sampit menelusuri kemunculan orangutan di sekitar Bandara H Asan Sampit, Kamis, 18 April 2024.

"Sekitar pukul 11.10 WIB kami mendapat laporan dari staf BMKG Stasiun Meteorologi Bandara H Asan Sampit atas nama Fauzi tentang keberadaan 1 individu Orangutan," kata Kepala BKSDA Resort Sampit Muriansyah.

Orangutan muncul di belakang Kantor BMKG yang lama, bersebelahan dengan Bandara H Asan Sampit. Primata dilindungi tersebut terekam sedang mondar-mandir di pagar mencari jalan keluar.

Dirinya bertemu dengan pihak BMKG setempat dan melakukan pengamanan bandara serta melakukan upaya pencarian orangutan bertubuh besar itu.

Hasil pantauan BKSDA, kemungkinan orangutan masih ada dilokasi karena pohon bergoyang tak wajar dan ada suara patahan kayu untuk membuat sarang.

"Lokasinya di pepohonan dekat alat pantau cuaca milik BMKG dan dari landasan pacu bandara sekitar 100 meter," ujarnya.

Ia memperkirakan, 1 individu orangutan dewasa tersebut berjenis kelamin jantan. Pihaknya akan terus memantau pergerakan orangutan.

"Sore nanti kalo masih ada, mudah-mudahan besok bisa dilakukan upaya rescue atau penyelamatan dan translokasi pemindahan lokasi," tandasnya. (DEWI PATMALASARI/R)


TAGS:

Berita Terbaru