Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perangkat Daerah di Gunung Mas Diminta Percepat Pengadaan Barang/Jasa

  • Oleh Riska Yulyana
  • 19 April 2024 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bupati Gunung Mas Jaya S Monong melalui sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Bupati Efrensia L.P Umbing menyampaikan sejumlah hal penting pada kegiatan rapat koordinasi pengendalian dan evaluasi (rakordalev) realisasi pelaksanaan APBD triwulan I TA 2024, Jumat, 19 April 2024.

"Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan oleh perangkat daerah, pertama melakukan percepatan pengadaan barang/jasa. Dengan cara, segera menyusun RUP sesuai dengan pelaksanaan secara kontraktual," ujarnya, Jumat, 19 April 2024.

Kemudian memperhatikan kebijakan tingkat komponen dalam negeri (TKDN),  penyelesaian paket pada Triwulan II terhadap pengadaan barang/jasa yang sifatnya sekaligus yang nilainya hinggaRp200 juta.

Memastikan seluruh proses pengadaan barang/jasa di atas Rp 200 juta pada DPA murni sudah berkontrak paling lambat sebelum berakhir Triwulan II 2024.

Meningkatkan efisiensi dan efektivitas belanja, dengan cara, membatasi belanja operasional yang tidak mendesak seperti perjalanan dinas maupun honor tim, memastikan kegiatan pendukung tidak lebih besar dari kegiatan utamanya serta mengutamakan pencapaian hasil dan keluaran kegiatan.

"Selain itu, perangkat daerah juga perlu meningkatkan monitoring dan evaluasi, dengan cara, identifikasi kendala- kendala pelaksanaan kegiatan yang selalu muncul," paparnya.

Kemudian menyiapkan pemecahan masalah untuk mengatasi kendala tersebut, memastikan pengguna anggaran melakukan monitoring dan evaluasi secara periodik.

Lebih lanjut meningkatkan peran Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban, serta menjadikan APIP sebagai mitra kerja dalam mengawal pelaksanaan kegiatan. (RISKA YULYANA/y)

Berita Terbaru