Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPS Barito Utara akan Melaksanakan Pendataan Potensi Desa 2024

  • Oleh Ramadani
  • 27 April 2024 - 21:51 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Barito Utara kembali melaksanakan Pendataan Potensi Desa (Podes) pada tahun 2024, Sabtu 27 April 2024, di Hotel GH Senyiur Syariah Muara Teweh. 

Kegiatan ini merupakan salah satu pendataan unggulan yang dilaksanakan BPS karena dari Podes ini akan dihasilkan berbagai data dan informasi terkait kondisi terkini dan perkembangan desa dan kelurahan di wilayah Kabupaten Barito Utara. 

Undang-Undang No 6 tahun 2014 tentang Desa diimplementasikan, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, percepatan pembangunan desa kian digenjot. 

“Posisi pemerintah desa merupakan subjek pembangunan. Dengan demikian, perencanaan pembangunan dan eksekusi dimulai dari wilayah administrasi terkecil yaitu desa untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat,” kata Kepala BPS Barito Utara Ahmad Nasrullah. 

Menurut dia, BPS sebagai lembaga penyedia data statistik berkualitas menjalankan perannya dengan menyediakan data bagi keperluan pembangunan desa ini yang juga bermuara pada pembangunan Kabupaten Barito Utara. 

Ia juga mengungkapkan bahwa pendataan Podes bertujuan antara lain untuk menyediakan data tentang keberadaan dan perkembangan potensi yang dimiliki desa/kelurahan yang meliputi, sosial, ekonomi, sarana, dan prasarana wilayah, seperti identifikasi dan penentuan desa tertinggal, identifikasi desa rawan bencana, dan identifikasi desa yang mempunyai kesulitan geografis; menyediakan data bagi penghitungan indikator-indikator pembangunan/kemajuan desa.

Lebih lanjut Nasrullah mengatakan, kegiatan ini berupa pendataan lengkap dengan metode wawancara kepada pegawai kecamatan di 9 (sembilan) Kecamatan dan aparat desa/kelurahan di 103 desa/kelurahan se Kabupaten Barito Utara. 

“Wawancara tersebut akan menanyakan mulai dari jumlah sekolah, fasilitas kesehatan, hingga sarana dan prasarana ekonomi yang tersedia di desa/kelurahan. Pendataan ini akan dilaksanakan pada 2 - 31 Mei 2024,” kata dia. 

Ahmad Nasrullah menambahkan sebelum petugas turun akan ke lapangan pada bulan Mei nanti, perlu dilakukan pelatihan petugas terlebih dahulu. “Dan pada hari ini Sabtu 27 April 2024 BPS Barito Utara mengadakan pelatihan bagi petugas Pendataan Podes 2024 di Hotel GH Senyiur Syariah Muara Teweh,” ucapnya. 

Dalam pelatihan tersebut diikuti 28 petugas lapangan yang akan melakukan pendataan. Pelatihan dimaksudkan untuk membekali petugas lapangan dengan pengetahuan tentang konsep Podes dan keterampilan wawancara agar mampu mengumpulkan data yang berkualitas.

“Hal ini penting mengingat data hasil Podes nantinya akan dimanfaatkan oleh banyak stakeholder terutama pemerintah daerah untuk perencanaan program, pembuatan kebijakan dan evaluasi pembangunan,” imbuhnya.

Namun data yang berkualitas tidak serta merta bisa terwujud tanpa peran serta semua pihak. “BPS sebagai penyelenggara kegiatan dapat bekerja optimal dengan dukungan semua pihak, mulai dari kepala daerah sampai kepala desa dan aparat desa yang menjadi responden utama kegiatan Pendataan Podes,” ucapnya. 

Menteri Dalam Negeri sudah menerbitkan Surat Edaran No. 100.3.5.9/1317/sj dan memberikan himbauan agar mendukung pelaksanaan Pendataan Podes ini. “Mari kita semua sukseskan Pendataan Potensi Desa Tahun (Podes) 2024,” pungkasnya.(RAMADHANI/R)


TAGS:

Berita Terbaru