Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Implementasikan Metode Kerangka Sampel Area, Panen Jagung di Kalteng Berhasil

  • Oleh Testi Priscilla
  • 28 April 2024 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pada tahun 2020, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi atau BPPT yang sekarang bergabung menjadi Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik atau BPS secara resmi mengimplementasikan metode Kerangka Sampel Area atau KSA untuk pengumpulan data luas panen jagung.

"Metode tersebut merupakan replikasi dari metode KSA yang telah digunakan untuk pengumpulan data luas panen padi sejak 2018," kata Kepala BPS Kalteng, Eko Marsoro pada Minggu, 28 April 2024.

Implementasi metode KSA pada komoditas jagung dilakukan sebagai salah satu upaya untuk memperbaiki perhitungan produksi jagung.

"Dengan menerapkan metode KSA, pengumpulan data luas panen jagung dilakukan secara objektif dan modern sehingga data produksi jagung yang dikumpulkan dapat menjadi lebih akurat dan tepat waktu," tutur Eko. 

Proses penyempurnaan perhitungan produksi jagung menurutnya telah dilakukan dalam berbagai tahapan secara komprehensif. Secara garis besar, perhitungan data produksi jagung melibatkan data luas panen, produktivitas, dan angka konversi jagung.

"Hasilnya pada 2023, luas panen jagung pipilan mencapai sekitar 5,94 ribu hektare. Sementara produksi jagung pipilan kering dengan kadar air 14 persen pada 2023 sebesar 25,48 ribu ton," katanya. (TESTI PRISCILLA/j)

Berita Terbaru