Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pj Bupati Katingan Sebut Pihak LHK Beri Angin Segar Soal PPKH

  • Oleh Abdul Gofur
  • 26 Maret 2024 - 09:20 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Penjabat atau Pj Bupati Katingan, Saiful mendatangi Kantor Kementerian Lingkungan Hidup atau LHK di Jakarta untuk melakukan koordinasi soal persetujuan penggunaan kawasan hutam (PPKH), Senin, 25 Maret 2024.

Pasalnya, pembangunan ruas jalan yang dibuka di wilayah Selatan atau hilir Kabupaten Katingan sebagian terbentur dengan kawasan hutan ataupun hutan lindung.

"Kami melakukan koordinasi  ke Kementerian LHK terkait dengan persetujuan penggunaan kawasan hutan, yang menghubungkan wilayah antara Kereng Pakahi Kecamatan Kamipang sampai dengan Kampung Melayu Kecamatan Mendawai," kata Pj Bupati Katingan, Saiful.

Berdasarkan hasil koordinasi yang dilakukan, kata dia, telah didapatkan kesimpulan bahwa pada dasarnya permohonan yang diajukan telah memenuhi persyaratan, sehingga sangat layak mendapatkan persetujuan dari Kementerian LHK. 

Untuk itu, Pj Bupati Katingan Saiful mengaku sangat bersyukur, karena doa dan harapan masyarakat Kabupaten Katingan yang mengharapkan terbukanya keterisolasian 2 wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Katingan Kuala dan Kecamatan Mendawai telah mendapatkan titik terang.

"Yaitu dengan akan terbitnya SK persetujuan dari Kementerian LHK. SK persetujuan ini merupakan salah satu modal utama kabupaten dalam mewujudkan jalan tembus pembuka keterisolasian," ujarnya.

Pj Bupati Katingan menuturkan, akan banyak hal yang didapatkan dari manfaat terbukanya keterisolasian kedua kecamatan tersebut.

Di antaranya akses hasil pertanian, budaya, pariwisata, dan sektor ekonomi lainnya. "Sebab selama ini warga di dua wilayah kecamatan itu kalau hendak ke Kasongan masih menggunakan transportasi sungai atau air," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/Y)

Berita Terbaru