Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbudparpora Barito Timur Mulai Persiapkan Kontingen Festival Isen Mulang

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 28 Maret 2024 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga atau Disbudparpora Kabupaten Barito Timur mulai mempersiapkan keikutsertaan kontingen Barito Timur pada Festival Isen Mulang yang akan digelar Pemprov Kalteng awal Mei 2024.

"Surat yang kami terima dari panitia provinsi, Festival Isen Mulang ini akan dilaksanakan pada awal Mei 2024. Jadi kami mulai mempersiapkan untuk mengikuti beberapa perlombaan dalam festival dengan membuat pengumuman kepada semua sanggar yang ada di Barito Timur supaya mereka mempersiapkan konsep tariannya kemudian mereka juga mengirim visual tariannya ke kami sehingga kami dari panitia kabupaten akan menyeleksi siapa yang akan dibawa ke Festival Isen Mulang di Palangka Raya," ungkap Kepala Disbudparpora Barito Timur, Herawani, di kantornya, Kamis, 28 Maret 2024.

Terdapat dua kategori tarian yang akan dilombakan dalam festival nanti yaitu tari pedalaman dan tari pesisir. Selain tarian, kontingen Barito Timur juga akan mengikuti lomba karnaval dan olahraga tradisional seperti bagasing (gasing), manyipet (sumpit) dan balogo (logo).

"Kemudian kontingen kita juga akan diikutkan dalam lomba panganan tradisional seperti malamang, mengenta dan panginan sukup simpan," lanjut Herawani.

Dia menjelaskan, malamang adalah proses pembuatan merupakan makanan tradisional lama terbuat dari beras ketan, dengan berbagai campuran bumbu, seperti garam, kelapa dan bahan lainnya.

Sedangkan mangenta adalah pembuatan makanan bernama kenta yang terbuat dari bahan padi ketan (gabah ketan), kelapa parut, garam, gula merah dan gula putih. 

Berikutnya, panginan sukup simpan adalah sajian berbagai jenis makanan khas Dayak Kalimantan Tengah yang disajikan dalam satu tempat khusus dan biasanya berbentuk seperti tumpeng sehingga bisa disebut Tumpeng Dayak Kalimantan.

"Kita berharap dengan persiapan ini kontingen yang dikirim bisa membanggakan Kabupaten Barito Timur pada Festival Iseng Mulang," kata Herawani. (BOLE MALO/j)

Berita Terbaru