Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hari ini Terkahir Pendaftaran Panwascam Pilkada 2024 Palangka Raya

  • Oleh Pathur Rahman
  • 27 April 2024 - 16:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palangka Raya telah membuka pendaftaran panitia pengawas kecamatan (Panwascam) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

"Pendaftaran telah dimulai sejak 23 April dan akan berlangsung hingga 27 April 2024," kata Ketua Bawaslu Kota Palangka Raya, Endrawati.

Menurut Endrawati, sesuai pedoman Bawaslu, mekanisme pembentukan Panwascam yang akan mengawasi pilkada menggunakan mekanisme evaluasi kinerja atau existing dari anggota Panwascam pemilu 2024.

Peserta existing atau Panwascam pemilu 2024 akan mengikuti penilaian evaluasi kinerja dengan standar evaluasi Bawaslu RI.

"Selanjutnya, akan dilakukan pemetaan atas keterpenuhan Panwascam berdasarkan hasil evaluasi kinerja terhadap Panwascam existing," ujarnya, Sabtu, 27 April 2024.

Endrawati melanjutkan, jika jumlah anggota Panwascam existing kurang dari tiga orang dan tidak memenuhi batas minimal evaluasi kinerja, maka Bawaslu akan melakukan proses rekrutmen bagi pendaftar baru.

Peserta Panwascam existing tetap diminta melengkapi persyaratan administrasi terlebih dahulu, seperti surat pernyataan kesediaan mengikuti seleksi, surat keterangan sehat jasmani dan rohani, serta beberapa surat pernyataan lainnya.

Panwascam yang memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai Panwascam Pilkada 2024 akan diumumkan kepada masyarakat, sehingga ada masukan dan tanggapan terhadap Panwascam existing yang memenuhi syarat.

"Yang pasti, kami akan melakukan proses seleksi yang ketat untuk mendapatkan anggota Panwascam yang terbaik," tuturnya.

Jadwal pembentukan Panwascam dimulai dengan pendaftaran untuk Panwascam existing pada tanggal 23-27 April.

Evaluasi kinerja dilakukan pada tanggal 26-27 April, sementara penetapan dan pengumuman Panwascam existing yang memenuhi syarat akan dilakukan pada 1-2 Mei 2024.

Jika masih terjadi kekurangan kuota, maka akan dilakukan perekrutan peserta pendaftar baru bagi pelamar umum.

Pendaftaran dan verifikasi berkas dilakukan pada 5-7 Mei dan pengumuman hasil penelitian berkas administrasi calon anggota Panwascam akan dilakukan pada 12 Mei.

"Tahapan selanjutnya meliputi tanggapan dan masukan masyarakat pada tanggal 12-17 Mei, serta tes tertulis bagi pendaftar baru seleksi Panwascam pada tanggal 13-14 Mei. Pelantikan dan pembekalan Panwascam untuk Pilkada 2024 direncanakan akan digelar pada tanggal 24-25 Mei 2024," pungkasnya. (PATHUR/R)


TAGS:

Berita Terbaru