Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Siapkan Jangka Panjang Penanganan Banjir, Bupati Kotim: Anggarkan Tali Asih, Kita Akan Bongkar Bangunan di Atas Sungai

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 04 Mei 2024 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor menyiapkan jangka panjang penanganan banjir khususnya di wilayah perkotaan dengan menganggarkan tali asih untuk membongkar bangunan warga yang berada di atas sungai.

"Saya perintahkan Lurah, RT, RW, dan Camat mendata masyarakat yang berada di pinggir sungai baik Sungai Pamuatan atau sunggai Mentawa," kata Halikinnor, Sabtu, 4 Mei 2024.

Pendataan tersebut untuk menyosialisasikan agar bangunan khususnya dapur masyarakat yang sampai berdiri di atas sungai dibongkar.

Dirinya tetap memikirkan dampak sosial yang akan muncul sehingga pihaknya mempertimbangkan untuk memberikan tali asih.

Pembongkaran bangunan di atas sungai sangat penting khususnya di muara sungai. Bangunan tersebut mengakibatkan pendangkalan sungai dan menumpuknya sampah pada tiang-tiangnya. Muara yang mengalami pendangkalan akan membuat air sulit keluar sehingga banjir lambat surut.

"Kita sudah punya excavator amfibi, tetami tidak bisa bermanuver untuk menggali jika ada bangunan itu. Kalau di muara lancar, walaupun daratan lebih rendah dari permukaan laut kalau ada hujan tinggi dan pasang begitu surut akan lancar biarpun menggenang tidak akan lambat surut," ujarnya. 

Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengatasi banjir, karena bencana ini tidak hanya tanggung jawab pemerintah.

"Saya juga meminta masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai atau saluran drainase," tandasnya. (DEWI PATMALASARI)

Berita Terbaru