Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Murung Raya dorong APDESI bangun sinergitas

  • Oleh Trisno
  • 13 Agustus 2023 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu – Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah melaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab) ke-I yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Tira Tangka Balang di Puruk Cahu belum lama ini.

Acara itu dihadiri oleh Asisten I Setda Murung Raya Serampang, Ketua DPRD Murung Raya Doni, Wakil Ketua II DPRD Murung Raya Rahmanto Muhidin, Kejari Murung Raya, Camat serta seluruh kepala desa (Kades) se- kabupaten Murung Raya dan Ketua BPD.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksanaan Rusminnuryadin mengatakan, kegiatan muscab yang dilaksanakan itu merupakan wujud nyata dari seluruh Kades untuk bergerak bersama-sama membangun daerah, terkhususnya di kabupaten Murung Raya.

“Pelaksanaan Muscab I APDESI ini sangat penting dilaksanakan, mengingat organisasi ini dapat meningkatkan hak bagi kami sebagai Kades untuk memberikan energi yang positif untuk pembangunan di kabupaten Murung Raya tercinta ini,” ungkap Rusmin.

Sementara itu Asisten I Setda Murung Raya Serampang menyampaikan, bahwa pemerintah desa maupun daerah tidak dapat berdiri sendiri dan harus saling bersinergi dengan Pemerintah Pusat dalam mendukung segala kebijakan serta menjalankan roda pemerintahan.

Menurutnya, dengan adanya Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) di Murung Raya diharapkan dapat berperan aktif mendorong anggotanya yang tersebar pada 10 Kecamatan untuk membangun sinergitas sebagai upaya kepaduan strategis antara kebijakan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan Pemerintah Desa.

“Sehingga akan menciptakan tata kelola pemerintahan yang mampu melahirkan administrasi pelayanan publik yang cepat, efisien serta mendukung investasi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah pedesaan,”kata Serampang.

Selain itu, APDESI tentunya menjadi sebuah wadah atau forum serta tempat kepala desa yang ingin menyatukan persepsi, berbagi informasi dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan pemerintahan dalam pembangunan sosial ekonomi kemasyarakatan di tempatnya masing-masing.

“Sebagaimana Pemerintah Desa sebagai ujung tombak dari penyelenggara pemerintah daerah dituntut memiliki pengetahuan lebih dan mampu melakukan pelayanan yang baik serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus membawa perubahan serta pertumbuhan ekonomi yang signifikan,” katanya. (Trs)

Berita Terbaru