Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani di Lamandau Perlu Bantuan untuk Dongkrak Hasil Produksi

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 27 September 2023 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Hasil reses DPRD Kabupaten Lamandau mengeluarkan sejumlah rekomendasi yang ditujukan kepada pemerintah daerah, salah satunya di bidang pertanian. Pasalnya, melalui anggota dewan sejumlah warga petani di tiga kecamatan meminta bantuan untuk meningkatkan produktivitas.

“Penyumbang presentasi tertinggi atau sektor unggulan terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dari sektor pertanian kehutanan dan perikanan sebesar 32,09 persen, diikuti sektor industri pengolahan sebesar 15,01 persen,” ungkap Ketua DPRD Lamandau, Herianto di Nanga Bulik, Rabu, 27 September 2023.

Karena sektor pertanian merupakan penyumbang terbesar, maka tak salah jika pemerintah memberikan perhatian khusus bagi para petani. Dalam reses, masyarakat mengusulkan adanya perbaikan dan peningkatan infrastruktur jalan guna mempermudah akses usaha tani guna peningkatan hasil pertanian dan perkebunan.

“Masyarakat juga mengusulkan agar pemerintah dapat memberikan bantuan dan perhatian dengan cara membangun sentra produksi pertanian. Serta merealisasikan bantuan bibit pertanian dan perkebunan, bantuan pupuk, bantuan ternak dan alat – alat pertanian,” ujarnya.

Selain itu juga meminta supaya tenaga penyuluh lebih aktif dan kreatif dalam meningkatkan pemahaman kepada masyarakat dan melakukan penyuluhan kepada petani secara berkala supaya hasil pertanian yang ada di desa–desa di Kabupaten Lamandau lebih maksimal seperti target yang ingin dicapai.

Reses Dapil I dilaksanakan di Desa Bukit Indah, Desa Kujan, Desa Sei Mentawa serta Kunjungan ke Mesjid Agung, RSUD dan Jembatan Taki  di Kecamatan Bulik. Kemudian reses Dapil II di Kecamatan Belantikan Raya di Desa Bayat, Kecamatan Batang Kawa di Desa Liku, Kecamatan Delang di Kelurahan Kudangan dan Kecamatan Lamandau di Desa Cuhai.

Sedangkan reses Dapil III di Kecamatan Bulik Timur di Desa Nuangan dan Suka Maju, Kecamatan Menthobi Raya di Desa Melata dan Kecamatan Sematu Jaya di Desa Jangkar Prima. (HENDI NURFALAH/J)

Berita Terbaru