Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Festival Keriang Keriut Hidupkan Tradisi Bantaran Sungai Arut Selatan

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 27 Maret 2024 - 21:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Masyarakat di Kelurahan Raja Seberang menggelar Festival Keriang Keriut di bantaran sungai Arut Selatan. Kegiatan ini rutin digelar sejak dua tahun terakhir.

Lurah Raja Seberang Yaumil mengatakan, Festival Keriang Keriut dilaksanakan bertepatan di hari ke-17 di bulan Ramadan dengan mengadakan perlombaan bertema islami tingkat anak-anak dan dewasa.

"Kata orang tua dulu, nama Keriang Keriut diambil dari gerakan api obor atau lampu minyak yang bergoyang ketika ditiup angin atau yang sering disebut warga dengan bahasa lokal yaitu Keriang Keriut, di saat lampu obor hidup datang hewan kariangan menyambangi lampu obor," jelasnya, Rabu, 27 Maret 2024.

Festival Keriang Keriut menghadirkan sejumlah perlombaan, diantaranya bintang vokal islami tingkat anak-anak dan dewasa, hapalan surah pendek tingkat anak-anak, dan getek hias lampu atau obor tema Islami. 

Hadirnya Festival Keriang Keriut bertujuan untuk membantu perkembangan UMKM serta menjaga tradisi dari orang tua sesepuh dari zaman dulu yang tinggal di bantaran sungai Arut Selatan. 

Festival Keriang Keriut dilaksanakan mulai 27 - 30 Maret 2024 di Jembatan Kuning Bantaran Sungai Raja Seberang pada 20.00 - 23.00 WIB dan turut menampilkan hiburan band islami, lapak UMKM, spot foto dan panggung terapung. 

"Acara ini menghidupkan suasan bantaran Sungai Arut Selatan," ujar Yaumil. (NURITA/j)

Berita Terbaru