Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Buka Musrenbang RPJPD 2025-2045, Begini Harapan Pj Bupati Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 04 April 2024 - 23:16 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Penjabat atau Pj Bupati Katingan, Saiful membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Katingan 2025-2045 di aula Bappedalitbang, Kamis, 4 April 2024.

Pada kesempatan ini Pj Bupati Katingan Saiful didampingi Kepala Bappedalitbang, Junianto dan mewakili Kepala  Bappedalitbang Provinsi Kalimantan Tengah, Luqman Alhakim. Sementara peserta rapat dari perwakilan organisasi perangkat daerah.

Pj Bupati Katingan menyampaikan dokumen RPJPD mengandung visi,misi, dan arah kebijakan suatu daerah dalam rentang waktu 20 tahun dan menjadi kesepakatan serta komitmen kebijakan yang mengikat namun fleksibel dalam pelaksanaannya.

"Saya berharap banyak hal yang telah dibicarakan dan disepakati dalam forum ini, nantinya dapat dituangkan dalam dokumen RPJPD Kabupaten Katingan tahun 2025-2045 serta mempertajam arah kebijakan yang akan dilaksanakan pada 20 tahun kedepan," katanya. 

Selain itu agar semua perangkat daerah memperhatikan arahan kebijakan pembangunan jangka panjang yang meliputi tata kelola pemerintahan, infrastruktur, stabilitas ekonomi dan sosial, dan juga aspek lingkungan. 

"Fokus daerah tentunya tertuju pada pembangunan yang berkelanjutan selaras dengan visi pemerintah pusat, yakni menuju Indonesia emas 2045," kata Pj Bupati Katingan, Saiful.

Sementara itu Kepala  Bappedalitbang, Junianto mengatakan proses Musrenbang RPJPD melibatkan berbagai tahapan, mulai dari penyusunan materi perencanaan, penyelenggaraan forum musrenbang tingkat desa/kelurahan hingga musrenbang tingkat kabupaten/kota, hingga penyelesaian dan pengesahan RPJPD.

"Dalam proses ini, partisipasi aktif dari masyarakat sangat penting untuk memastikan keberhasilan implementasi rencana pembangunan yang disepakati," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/R)


TAGS:

Berita Terbaru