Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sukamara Unggulkan Bagasing dan Balogo Pada Festival Budaya Isen Mulang 2024

  • Oleh Norhasanah
  • 14 Mei 2024 - 18:25 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kabupaten Sukamara unggulkan cabang lomba bagasing dan lomba balogo pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya. 

“Sukamara menargetkan lomba bagasing itu juara satu, ini menjadi target kita. Kemudian ada juga lomba balogi,” ucap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukamara, M Yunus pada pelepasan kontingen FBIM di gedung kesenian daerah, Selasa, 14 Mei 2024.

Menurut dia, di dua lomba tersebut Sukamara selalu mendapat juara, sehingga diharapkan pada tahun 2024 ini kontingen Sukamara tetap bisa unggul dan meraih juara. 

“Pada tahun 2022 Sukamara juara satu, pada tahun sebelumnya juga juara dua. Untuk tahun 2023 kemarin peserta yang diunggulkan berhalangan hadir dan untuk tahun ini kita pastikan peserta unggulan ini siap,” ujarnya.

Yunus menuturkan, bahwa tahun ini Sukamara mengirim 130 kontingen dengan mengikuti sebanyak 15 cabang lomba, yaitu lomba pawai budaya, lomba magenta, lomba malamang, sepak sawut, balogi, bagasing, besei kambe, menyipat, lawang sekepeng, mangaruhi, pemilihan jagau dan bawi, tari daerah dan tari pesisir, tari daerah tari pedalaman, perahu hias dan meneweng menetek tuntang menyila kayu.

Sementara itu, Pejabat Bupati Sukamara Kaspinor mengatakan dalam mengikuti FBIM, pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sukamara telah melakukan persiapan yang dilakukan jauh-jauh hari, agar kontingen bisa bertanding dengan maksimal.

Dengan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, sehingga kelemahan-kelemahan yang ada dapat dipelajari untuk melakukan perbaikan agar pertandingan yang akan datang dapat meningkatkan peringat Kabupaten Sukamara pada Festival Budaya Isen Mulang.

“Pemerintah telah memberikan kepercayaan kepada seluruh kontingen untuk mewakili kau Sukamara, karena itu laksanakan tugas dan amanah ini dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab,” tukas Kaspinor. (NORHASANAH/H)

Berita Terbaru