Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wagub Kalteng: Kebudayaan dan Pariwisata Magnet Ekonomi dan PAD

  • Oleh Marini
  • 26 April 2024 - 20:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H Edy Pratowo mengatakan, sektor kebudayaan dan pariwisata memiliki peranan yang cukup penting dalam menunjang pembangunan daerah, sekaligus merupakan salah satu faktor yang sangat strategis dalam meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat. 

Wagub Kalteng mengatakan itu pada rapat kerja daerah kebudayaan dan pariwisata Se-Kalteng 2024 di Swiss Bell Hotel Danum Palangka Raya, Jumat, 26 April 2024.

Sektor kebudayaan dan pariwisata menurut dia mesti terus diperkuat dan dikembangkan, karena merupakan salah satu pintu masuk bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Sebagai provinsi terluas di Indonesia, Kalimantan Tengah memiliki potensi pariwisata yang cukup besar dan sangat menjanjikan. Bumi Tambun Bungai ini memiliki berbagai kebudayaan asli yang unik dan khas, yang layak ditawarkan ke masyarakat domestik, bahkan ke masyarakat internasional," katanya.

Angin segar bagi perekonomian serta kekayaan sumber daya alam yang indah dan pemandangan memanjakan mata menjadikan daya pikat Kalteng untuk dikunjungi.

Bebernya, Kalteng dengan karakteristik hamparan hutan tropis yang beriklim panas dan lembab, sungai-sungai yang luas dan panjang yang tersebar di sejumlah kabupaten, memiliki flora dan fauna yang menarik dan beraneka ragam, bahkan sebagian faunanya berstatus sebagai hewan langka, dapat menjadikan sebagai tujuan wisata dan budaya dengan standar internasional.

"Untuk mewujudkan hal tersebut, pengelolaan yang baik dan profesional menjadi hal yang mutlak untuk dilaksanakan. Untuk merumuskan sistem dan mekanisme yang baik, dibutuhkan suatu forum diskusi yang diikuti oleh berbagai para pemangku kepentingan," arahnya.

Kalteng memiliki pengrajin maupun desainer kebudayaan yang kreatif dan inovatif sehingga dapat menghasilkan berbagai karya yang dapat dipamerkan ke khalayak umum. Baik itu dalam segi fashion, karnaval, dan lainnya.

"Kalimantan Tengah sakral akan budayanya, sehingga itu yang menjadi dayak terik untuk dikunjungi dan magnet bagi perekonomian maupun pemasukan PAD," tandasnya. (MARINI/j)

Berita Terbaru