Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan RS Provinsi Palangka Raya Akan Telan Dana Sebesar Ini

  • Oleh Marini
  • 24 April 2024 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) akan melaksanakan pembangunan Rumah Sakit (RS) Provinsi di Kota Palangka Raya, dengan pagu anggaran 2024 sebesar Rp 14 miliar dan ekstimasi anggaran sebesar Rp 985 miliar.

"Luas lahan 10 hektare, luas bangunan 42.000 M2," kata Wagub Kalteng H Edy Pratowo pada Musrenbang RPJPD dan RKPD tahun 2025-2045 yang dilaksanakan di AJT Kantor Gubernur Kalteng lantai II, pada Rabu, 24 April 2024.

Katanya, ini sebagai bentuk keseriusan dan komitmen Pemprov untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Kalimantan Tengah, terutama untuk penanganan penyakit-penyakit penyebab kematian tinggi dan berbiaya besar.

Hal tersebut selaras dengan Misi ke-4 Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah yang tertuang dalam Rencana Strategis (Renstra) 2021-2026, yaitu Mempercepat Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Cerdas, Sehat, dan Berdaya Saing.

Lanjutnya, membangun Rumah Sakit sama dengan yang ada di Pulau Jawa dan provinsi lainnya supaya masyarakat tidak lagi berobat keluar daerah. Cukup di Kalimantan Tengah, dengan SDM yang memadai, dengan peralatan-peralatan yang sama dengan provinsi lain, bahkan dengan negara lain.

"Kesehatan adalah layanan dasar yang wajib dinikmati semua warga tanpa terkecuali, terlebih masyarakat yang kurang mampu," jelasnya.

Tambahnya, dengan terbangunnya fasilitas kesehatan seperti rumah sakit di daerah yang memadai, akan menjawab masalah layanan kesehatan, memperpendek jarak, dan memperkecil biaya. (MARINI/H)

Berita Terbaru