Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diskominfostandi Pulang Pisau Gelar Pelatihan Operator Data Statistik Sektoral

  • Oleh M Pradila Kandi
  • 26 Maret 2024 - 23:01 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, melalui Diskominfostandi Pulang Pisau menggelar pelatihan operator data (e-Walidata) statistik sektoral berbasis website bertempat di aula Kantor Dinas Kesehatan setempat, Selasa, 26 Maret 2024.

Kepala Diskominfostandi Pulang Pisau Moh Insyafi mengatakan, statistik sektoral didefenisikan sebagai statistik yang pemanfaatannya untuk memenuhi kebutuhan instansi tertentu dalam rangka penyelenggaraan tugas - tugas pemerintahan dan pembangunan yang merupakan tugas pokok instansi yang bersangkutan.

"Statistik sektoral bertujuan untuk meningkatkan keakuratan data sektoral Perangkat Daerah selaku produsen data dan mensinergikan komponen - komponen data sektoral setiap tahun dalam rangka mendukung pembangunan daerah," ucapnya.

Ia menjelaskan, salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah dalam percepatan pembangunan di Kabupaten Pulang Pisau adalah dengan menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang terintegrasi dengan satu data dan satu aplikasi yaitu e-Walidata yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik. Sehingga, data dan Informasi yang akurat akan meminimalisir kesalahan dalam menerapkan kebijakan strategis.

"Data yang akurat dan mutakhir, juga dapat dijadikan ukuran evaluasi keberhasilan capaian kinerja pembangunan yang telah dilakukan selama ini," jelasnya.

Ia menambahkan, hal tersebut sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang satu data Indonesia dimana satu data Indonesia adalah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan. (M PRADILA KANDI/H)

Berita Terbaru