Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada Urbanisasi Hewan Penular Rabies Pasca Mudik Libur Panjang

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 April 2024 - 18:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala UPTD Pusat Kesehatan Hewan atau Puskeswan Kota Palangka Raya, drh Eko Hari Yuwono meminta agar masyarakat mewaspadai urbanisasi hewan penular rabies atau HPR pasca mudik libur panjang Lebaran.

"Kadang-kadang ada masyarakat yang mudik lalu kembali lagi dengan membawa hewan peliharaan seperti anjing dan kucing yang merupakan HPR," kata drh Eko pada Rabu, 17 April 2024.

Di bawanya HPR dari daerah ke Kota Palangka Raya menurut Eko perlu diwaspadai karena bisa saja membawa bibit penyakit rabies.

"Boleh saja membawa HPR dari daerah, tetapi kami minta agar masyarakat sebagai pemilik bisa sadar akan vaksinasinya," tuturnya lagi.

Eko meminta masyarakat yang membawa HPR dari daerah, dengan kesadaran sendiri, untuk melapor ke dinas terhadap keberadaan HPR ini agar bisa mendapatkan vaksin rabies dari dinas.

"Kalau masih kecil atau kucing boleh dibawa ke Klinik Hewan di kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya, kalaupun tidak bisa boleh lapor saja, nanti vaksinator yang akan kunjungan memberi vaksin rabies," tuturnya lagi.

Hal ini perlu dilakukan menurut Eko untuk mencegah terjadinya penularan rabies di Kota Cantik mengingat HPR di Palangka Raya telah rutin setiap tahun mendapatkan vaksin rabies.

"Jangan sampai Palangka Raya kebobolan rabies dari HPR yang dibawa dari luar daerah," kata Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia atau PDHI Kalimantan Tengah ini.(TESTI PRISCILLA/R)


TAGS:

Berita Terbaru