Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dorong Pengembangan Museum di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 19 April 2024 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Sri Neni Trianawati mendorong adanya upaya pengembangan museum yang ada di Kalteng oleh pemda baik provinsi, kabupaten dan kota melalui instansi terkait.

Ia mengatakan, pengembangan museum sangat penting agar bisa tetap eksis serta memiliki daya tarik bagi pengunjung, sebab didalam museum tentunya banyak memiliki nilai-nilai positif yang berkaitan dengan sejarah.

"Museum ini kan tempat menyimpan benda-benda bersejarah dimasa lalu, sehingga penting untuk terus dikembangkan, bahkan kita berkeinginan setiap daerah di Kalteng ini memiliki museum," ucapnya, Jumat, 19 April 2024.

Sri Neni mengatakan, dalam hal mengembangkan museum, Kalteng tentunya perlu banyak belajar dengan provinsi lain misalnya saja seperti Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang memiliki museum Sonobudoyo.

Diungkapkannya, ketika melaksanakan kunjungan ke museum Sonobudoyo DIY beberapa waktu lalu, pihaknya melihat bahwa perkembangan musem tersebut sangat bagus dan bisa menjadi contoh bagi Kalteng.


"Benda-benda bersejarah disana dirawat dengan baik, dan yang paling penting selalu dikunjungi masyarakat lokal maupun wisatawan, tentu dari segi pengembangannya bisa diimplementasi di provinsi ini," ujarnya.

Selain itu, pentingnya pengembangan museum juga dapat menjadi objek wisata budaya dan wisata edukasi terkait sejarah masa lampau, sehingga diharapkan museum yang ada di Kalteng bisa dikembangkan dengan baik.

"Kita ingin museum di Kalteng bisa menjadi objek pengenalan sejarah bagi masyarakat bahkan wisatawan yang berkunjung, jadi sangat diharapkan museum yang kita miliki bisa dikembangkan secara maksimal," tukasnya. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru