Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemunculan Orangutan di Bandara H Asan Sampit Tak Sampai Ganggu Penerbangan

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 27 April 2024 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kemunculan orangutan di Bandara H Asan Sampit tak sampai ganggu penerbangan baik kedatangan maupun keberangkatan pesawat.

"Selama ini belum mengganggu penerbangan sehari-hari, tetapi yang kami khawatirkan kalau tidak dievakuasi semakin lama akan ada gangguan," kata Staf PKP-PK Bandara H Asan Sampit Milianoor Safitri, Jumat, 26 April 2024.

Pihaknya berterima kasih kepada BKSDA Kalimantan Tengah, Yayasan Orangutan Foundation International (OFI), Manggala Angni, dan Komunitas Pecinta Reptil yang berjuang menyelamatkan orangutan selama berjam-jam ditengan rintik hujan dan minimnya pencahayaan. 

Di Bandara H Asan terdapat 2 rute penerbangan Pulang Pergi (PP) maskapai Wings Air rute Surabay terjadwal siang hari dan Nam Air rute Jakarta sore hari. Pihak bandara bersyukur kedua penerbangan itu tak terganggu meski orangutan sempat muncul 3 kali sebelum akhirnya dievakuasi tim penyelamat. 

"Ini pertama kalinya orangutan muncul di kawasan Bandara H Asan Sampit," tandasnya. 

Sebelumnya diberitakan, Orangutan berukuran besar disebut Asan oleh warga setempat sesuai lokasi kemunculan di Bandara H Asan Sampit.

Asan pertama kali muncul di kawasan Bandara pada 18-19 April 2024 di sekitar kantor BMKG Stamet H Asan Kotawaringin Timur (Kotim). Kemunculannya sempat menggegerkan masyarakat karena pertama kali orangutan berada di kawasan tersebut.

Meski telah dinyatakan menyeberang di hutan, BKSDA Resort Sampit dan pihak pengaman Bandara tetap waspada mengantisipasi kemunculannya kembali.

Seminggu kemudian, satu individu orangutan kembali muncul, Jumat siang, 26 April 2024 sekitar pukul 11.00 WIB. Orangutan Asan berlari tak gentar dengan keberadaan manusia yang merekam kemunculannya menggunakan handphone.

Orangutan tersebut berhasil diselamatkan dengan penuh perjuangan setelah 3 jam operasi penyelamatan oleh tim rescue.

Berita Terbaru