Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BMKG Kotim Peringatkan Fenomena Bulan Perigee Sebabkan Pasang Tinggi

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 04 Mei 2024 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi (Stamet) H Asan Kotawaringin Timur (Kotim) memperingatkan fenomena bulan perigee menyebabkan pasang tinggi.

"Tanggal 6 Mei 2024 ada fenomena bulan perigee dimana posisi bulan dekat bumi yang menyebabkan pasang tinggi," kata Pelaksana tugas Kepala BMKG Stamet H Asan Kotim Mulyono Leo Nardo, Sabtu, 4 Mei 2024.

Pasang air yang cukup dalam juga akan terjadi pada 8 M 2024 karena ada bulan baru dan tanggal 23 Mei 2024 juga akan terjadi pasang dalam.

Fenomena bulan perigee merupakan fenomena rutin pada bulan yang terjadi setiap 28 hari sekali. Fenomena ini terjadi ketika posisi bulan berada di titik terdekatnya dengan bumi.  

Pada fase itu akan terjadi pasang maksimum yang dapat memicu banjir jika disaat bersamaan terjadi hujan ekstrim lebih dari 50 mm.

"Ketika pasang normalnya 1 meter, tetapi saat fenomena itu bisa lebih dari 1 meter. Yang tercatat terakhir pasang dalam sampai 3,1 meter. Kalau ada hujan ekstrem sekitar 50 bisa berpotensi banjir," tandasnya. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru