Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Varietas Anggrek Hitam Sokalat Kusi Barito Selatan Terdaftar di Kementan

  • Oleh Uriutu
  • 29 Februari 2024 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Varietas anggrek hitam sokalat kusi Barito Selatan telah resmi terdaftar di Kementerian Pertanian.

Sertifikat tanda terdaftar tersebut diserahkan Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian atau PPVTPP Kementan, Lely Nuryati kepada Pj Bupati Barito Selatan Deddy Winarwan belum lama ini.

"Alhamdulillah Varietas Anggrek Hitam Sokalat Kusi khas Desa Sanggu, Madara dan Desa Telang Andrau telah resmi terdaftar di kementerian pertanian. Ini menjadi spirit dan cambuk untuk melestarikan varietas lokal lainya," kata Deddy Winarwan, Kamis, 29 Febuari 2024.

Varietas Anggrek Hitam Sokalat Kusi yang telah terdaftar ini lanjut dia, harus dijaga dan dilestarikan, serta juga bisa membawa dampak positif bagi masyarakat di bumi berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus.

"Mari kita bersama-sama melestarikan varietas-varietas lokal serta menjaga ekosistem hutan agar bisa membawa dampak positif bagi masyarakat," ajak dia.

Ia mengucapkan terimakasih atas upaya PPVTPP Kementan dalam melindungi varietas lokal daerah sebagai kekayaan negara yang harus dilestarikan.

Dengan pendaftaran ini, sambung dia, pihaknya berharap varietas lokal Barito Selatan bisa dilindungi agar tidak punah.

Sementara itu Kepala DKPPP Barsel, Ida Safitri membeberkan varietas anggrek hitam sokalat kusi berbeda dari anggrek hitam lainnya.

"Corak anggrek hitam sokalat kusi memiliki bintik hitam serta daunnya menyerupai pelepah kelapa. Anggrek ini murni anggrek hutan yang ada di pohon-pohon. Kita pun mulai mmemberikan pembinaan cara membudidaya anggrek tersebut," beber dia.

Kemudian Kepala Pusat PVTPP, Leli Nuryati mengatakan, varietas Anggrek Hitam Sokalat Kusi tersebut resmi menjadi milik Kabupaten Barito Selatan sesuai dengan perundang-undangan.

Berita Terbaru